Bila rasa tak lagi bisa ku peram . . Bila maksud tak lagi mampu ku peta . . Bila desakan tak lagi dapat ku jeda . .

Selasa, 09 Januari 2018

Sekelumit Catatan Tentang Sholat


Sholat secara bahasa artinya adalah doa. Sedangkan menurut istilah sholat adalah suatu ibadah kepada Alloh yang mengandung kata-kata dan gerakan-gerakan tertentu, pada waktu yang juga telah ditentukan, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.    
Salah satu kewajiban yang Alloh ta’ala perintahkan pertama kali untuk kita laksanakan adalah sholat 5 waktu, yaitu ; sholat subuh, zhuhur, ashar, maghrib dan ‘isya. Sedangkan sholat sunnah yang menyertainya hukumnya sunnah saja artinya bila dikerjakan berpahala dan bila tidak dikerjakan maka kita tidak berdosa.
Ibadah-ibadah lain tidak dapat menggantikan pahala sholat yang telah ditinggalkan. Misalnya, ada seseorang yang malas sholat tetapi duitnya banyak dan ia berfikir dengan shodaqoh ia dapat mengganti pahala sholat. Hal ini mutlak tidak bisa. Berdasarkan sebuah hadits yang berbunyi :
الصلاة عماد الدين , من أقامها فقد أقام الدين , ومن هدمها فقد هدم الدين
“Sholat itu tiangnya dien (agama), barangsiapa yang mendirikannya maka telah menegakkan dien (agama Islam) dan barangsiapa yang meninggalkannya maka ia telah merobohkan dien (agama Islam)”.
Jika tiang-tiang runtuh maka otomatis runtuhlah ibadah-ibadah lain yang telah  dikerjakan seorang hamba tersebut.
Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat karena sholatlah yang membedakan seseorang itu muslim atau kafir. Sholat jualah yang menjadi mediator seorang hamba dengan Robbnya. Manusia sebagai makhluk yang lemah begitu membutuhkan Alloh setiap saat. Melalui sholat seorang hamba meminta pertolongan, dengan sholat pula seorang hamba bisa mendekatkan diri kepada penciptanya.
Perkara yang pertama kali ditimbang ketika hari pembalasan adalah sholat.
أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة
Saking pentingnya persoalan sholat ini. Dalam kondisi apapun dan situasi bagaimanapun, sholat tidak boleh ditinggalkan. Jika tidak mampu sholat sambil berdiri maka sholat dapat dilakukan sambil duduk, jika tidak bisa maka sholat dengan  berbaring dan jika tidak bisa juga, cukup sholat dengan isyarat mata! Bersamaan dengan itu, Islam juga memberikan keringanan atau rukhshoh. Jika kita sedang menempuh perjalanan jauh maka sholat boleh dijama’ atau diqoshr yaitu menggabungkan dua sholat dalam satu waktu.
Alloh menjanjikan surgaNya di akhirat kelak dan kesuksesan hidup lagi  ketenangan batin bagi orang yang melaksanakan sholat dengan khusyu. 
            Lalu bagaimana dengan orang yang masih sengaja meninggalkan sholat?
Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman :
إلا أصحاب اليمين
فى جنات يتساءلون
عن المجرمين
ما سلككم فى سقر
قالوا لم نك من المصلين
Q.S Al-Mudatstsir : 39-43

Alloh mengabarkan kepada kita bahwa orang yang meninggalkan sholat adalah seorang kriminal yang tempatnya di saqor yaitu salah satu lembah di neraka jahannam. Na’udzubillahi min dzalik.

Untuk itu marilah kita sekuat tenaga senantiasa menjaga sholat lima waktu dan menyempurnakannya dengan sholat sunnah. Allohummaj’alna muqiimashsholaah wa min dzurriyyatina. Ya Alloh jadikanlah kami dan anak cucu keturunan kami senantiasa menunaikan sholat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar