Bila rasa tak lagi bisa ku peram . . Bila maksud tak lagi mampu ku peta . . Bila desakan tak lagi dapat ku jeda . .

Rabu, 10 Januari 2018

KELU-ARGA

Semua memang sudah tertulis. di sana. di lauhil mahfuzh. tentang kita dan duka. Amarahnya yang tak berarah. Diamnya yang memicu. Bukan salahNya. Keputusan diri sejatinya kesalahan sendiri. Masa lalu percuma ditangisi sebab ia tak kan kembali tak seperti film doraemon yang sejak lebih dari 20 tahun lalu masih saja diminati. khayalan mesin waktu yang membawa kita ke masa lalu. memperbaiki masa itu. Tidak. hikmah itu pasti. pasti ada hikmah atas semua yang tlah terjadi. sekarang, di masa kini, segala tetap harus dijalani! walau optimis sudah tak lagi mau menopang diri. Masa depan biar Ia yang tentukan. Setiap ada keinginan, di situ ada doa. Alloh Maha Baik, tak akan membiarkan hambanya sakit. Terus menerus. Pasti ada celah di mana suka itu datang, bahagia terpatri. mengisi hari. percayalah kita tak seorang diri. Banyak yang lebih ter- hanya saja kita tak mengerti. Moga di tiap hati yang tersakiti, ada kabar bahagia menyertai. cepat atau lambat. Alloh akan balas. Alloh Maha Adil, tak perlu merasa kerdil. 
ah cuma...
berbicara tentang sakit. tidak ada yang bisa merasakannya kecuali si sakit. seumur hidup baru kali ini aku sakit. begini. ditikam, tepat di hati, diluka tepat dari sisi, perih iya, ngilu apalagi sungguh tak terjabani. 
kalian yang pernah dizholimi. benar-benar dizholimi. rasa tak percaya saja. tak sadar melukai, berteriak disakiti.
Dari sini ada maaf dalam niat. ada maaf dalam usaha. usaha untuk memaafkan memang ada. duhai Gusti Yang Maha Agung,, mengapa rasa sakit yang masih ada. Teringat kisah seorang kakek yahudi buta yang setiap pagi disuapi Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam. tiap itu juga hinaan yang menjatuhkan dia katakan tetapi tak berkurang kelembutan Rosul, tak berubah sikapnya, tak keluar sumpah serapah balik yang menyakiti hati si kakek yahudi. padahal semua itu diucap tepat di hadapan beliau, Sungguh contoh yang mulia. hai inilah yang membuat lara hati terkadang menjauh. 
tahukah kalian? 
Tidak ada istilah tamu dalam keluarga. keluarga itu menyayangi yang kecil dan menghormati yang besar, keluarga itu saling melengkapi, Tidak ada istilah merepotkan dalam keluarga. Keluarga itu memenuhi hak dan kewajiban, keluarga itu bukan sekolah sindir-menyindir, keluarga itu saling asah, asih dan asuh. 

'Asyiqotu Firdausir Rohman
Tasikmalaya, 10 Januari 2018

Selasa, 09 Januari 2018

Sekelumit Catatan Tentang Sholat


Sholat secara bahasa artinya adalah doa. Sedangkan menurut istilah sholat adalah suatu ibadah kepada Alloh yang mengandung kata-kata dan gerakan-gerakan tertentu, pada waktu yang juga telah ditentukan, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.    
Salah satu kewajiban yang Alloh ta’ala perintahkan pertama kali untuk kita laksanakan adalah sholat 5 waktu, yaitu ; sholat subuh, zhuhur, ashar, maghrib dan ‘isya. Sedangkan sholat sunnah yang menyertainya hukumnya sunnah saja artinya bila dikerjakan berpahala dan bila tidak dikerjakan maka kita tidak berdosa.
Ibadah-ibadah lain tidak dapat menggantikan pahala sholat yang telah ditinggalkan. Misalnya, ada seseorang yang malas sholat tetapi duitnya banyak dan ia berfikir dengan shodaqoh ia dapat mengganti pahala sholat. Hal ini mutlak tidak bisa. Berdasarkan sebuah hadits yang berbunyi :
الصلاة عماد الدين , من أقامها فقد أقام الدين , ومن هدمها فقد هدم الدين
“Sholat itu tiangnya dien (agama), barangsiapa yang mendirikannya maka telah menegakkan dien (agama Islam) dan barangsiapa yang meninggalkannya maka ia telah merobohkan dien (agama Islam)”.
Jika tiang-tiang runtuh maka otomatis runtuhlah ibadah-ibadah lain yang telah  dikerjakan seorang hamba tersebut.
Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat karena sholatlah yang membedakan seseorang itu muslim atau kafir. Sholat jualah yang menjadi mediator seorang hamba dengan Robbnya. Manusia sebagai makhluk yang lemah begitu membutuhkan Alloh setiap saat. Melalui sholat seorang hamba meminta pertolongan, dengan sholat pula seorang hamba bisa mendekatkan diri kepada penciptanya.
Perkara yang pertama kali ditimbang ketika hari pembalasan adalah sholat.
أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة
Saking pentingnya persoalan sholat ini. Dalam kondisi apapun dan situasi bagaimanapun, sholat tidak boleh ditinggalkan. Jika tidak mampu sholat sambil berdiri maka sholat dapat dilakukan sambil duduk, jika tidak bisa maka sholat dengan  berbaring dan jika tidak bisa juga, cukup sholat dengan isyarat mata! Bersamaan dengan itu, Islam juga memberikan keringanan atau rukhshoh. Jika kita sedang menempuh perjalanan jauh maka sholat boleh dijama’ atau diqoshr yaitu menggabungkan dua sholat dalam satu waktu.
Alloh menjanjikan surgaNya di akhirat kelak dan kesuksesan hidup lagi  ketenangan batin bagi orang yang melaksanakan sholat dengan khusyu. 
            Lalu bagaimana dengan orang yang masih sengaja meninggalkan sholat?
Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman :
إلا أصحاب اليمين
فى جنات يتساءلون
عن المجرمين
ما سلككم فى سقر
قالوا لم نك من المصلين
Q.S Al-Mudatstsir : 39-43

Alloh mengabarkan kepada kita bahwa orang yang meninggalkan sholat adalah seorang kriminal yang tempatnya di saqor yaitu salah satu lembah di neraka jahannam. Na’udzubillahi min dzalik.

Untuk itu marilah kita sekuat tenaga senantiasa menjaga sholat lima waktu dan menyempurnakannya dengan sholat sunnah. Allohummaj’alna muqiimashsholaah wa min dzurriyyatina. Ya Alloh jadikanlah kami dan anak cucu keturunan kami senantiasa menunaikan sholat. Aamiin.

Minggu, 13 Maret 2016

قصة الأفعى والمنشار

Kisah Ular Boa vs Gergaji

دخل أفعى ورشه 

Seekor Ular boa memasuki bengkel (Sebuah tempat sejenis itu yg fungsinya tergantung penggunanya)

وبينما كان يتجول هنا وهناك

Dan di saat ia sedang berjalan2 kesana kemari

مر جسمه من فوق المنشار مما ادى الي جرحه جرحا بسيطا 

Badannya melewati gergaji yang menyebabkan ia terluka ringan

ارتبك أفعى وكرده فعل قام ب عض المنشار!   

Ular boa bingung dan sebagai reaksinya ia menggigit gergaji !

مما أدى الي سيلان الدم حول فمه ...

Yang menyebabkan darah mengalir dari mulutnya …

لم يكن يدرك أفعى ما يحصل

Ular boa tidak menyadari apa yang sedang terjadi

واعتقد ان المنشار يهاجمه 

Ia pikir gergaji menyerangnya
وحين تيقن بأنه سيموت لا محاله 

Dan ketika ia yakin kalo tak pelak lagi ia akan mati 

قرر ان يقوم برده فعل قويه

Ia memutuskan membalas dengan sekuat tenaga

فالتف بكامل جسمه حول المنشار خنقه حسب اعتقاده

Maka ia membalikkan seluruh badannya ke gergaji dan melilitnya sesuai dengan keyakinannya

ففقدت حياته  

Hingga matilah ia …

أحيانا ...

Terkadang …

نحاول في لحظه غضب ان نجرح غيرنا

Saat kita marah kita berusaha menyakiti orang lain

فندرك بعد فوات الاوان أننا لا نجرح الا أنفسنا

Setelah semuanya terlambat kita baru menyadari bahwa kita tidak menyakiti kecuali diri kita sendiri

الحياة أحيانا تحتاج إلى :

Kehidupan terkadang membutuhkan :

تجاهل أحداث , تجاهل أشخاص 

Cuek terhadap kejadian2, Cuek terhadap orang

تجاهل أفعال , تجاهل أقوال 

Cuek terhadap sikap2, cuek terhadap omongan2 

فليس كل أمر يستحق "ردة فعل"

Tidak semua hal layak “ditanggapi/dibalas/dikasih reaksi”

قد تضرك أو ربما تقتلك !

Bisa jadi hal itu akan mencelakakanmu atau mungkin membunuhmu!

ما أجمل وصية الرسول صلى الله عليه وسلم ... (لا تغضب!)

Sungguh indah wasiat Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam … (Jangan Marah!)

Diterjemahkan oleh : Asyiqotu Firdausir Rohman

Rabu, 24 Februari 2016

Kenapa sih kita harus mempelajari Bahasa Arab ???



Honestly, Bagi umat Islam seperti kita bahasa Arab itu nggak seperti bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda dan seterusnya dan seterusnya. Bukan kita menganggap sebelah mata bahasa2 tersebut ya.. tetapi alasan kita lebih sakral dari yang non-muslim bayangkan-atau bisa jadi dengan perkembangan teknologi media seperti sekarang merekapun juga sudah tau. Bahasa Agama Islam adalah bahasa Arab walaupun bukan berarti setiap orang Arab adalah orang Islam. Kalo kata Umar bin Khattab ra.
أَحْرِصُوْا عَليَ تَعَلمِ اللغَةِ الْعَرَبِيَّةِ فَإِنَّهَا جُزْءٌ مِنْ دِيْنِكُمْ
Tamaklah mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu bagian dari agamamu”
Jika ingin berislam dengan benar dan baik, otomatis kita dituntut mengimplementasikan ajaran2 Islam itu sendiri. Hal ini hanya akan tercapai setelah kita mempelajari buku2 atau kaset2 karangan para ‘ulama dan cendikiawan muslim yang mengupas  kandungan2 Quran, Hadits dan berbagai disiplin ilmu cabang lain yang mereka karang. Buku2 dan kaset2 ini notabene mayoritas berbahasa Arab. bisa sih baca atau denger yang bahasa Indonesia lagian buku2 atau kaset2 islam dalam bahasa Indonesia sudah menjamur tetapi alangkah lebih valid dan komprehensif jika kita membaca mendengar dari literatur aslinya. Selain itu, sholat kita menggunakan bahasa Arab, doa2 yang diajarkan kepada kita juga mayoritas berbahasa Arab, apalagi doa untuk haji. Kebayang nggak kalo kita gak belajar bahasa Arab, kita sholat, kita berdoa itu rasanya hampa karena kita gak tau makna  dari apa yang kita baca, kita nggak tau makna dari doa kita. Di samping itu mesti ada aja kan salah2 pelafalan sedangkan dalam bahasa Arab itu satu huruf saja kita salah mengucapkan, satu huruf saja kita hilangkan, satu huruf saja kita tambahkan maka akan merubah makna.
Well selanjutnya, kitab Agama Islam yaitu Al-Quran. Bahasanya apa ya? Surely bahasa Arab! Di dalam kitab Faidul Qadir Syarh al-Jami’ ash-Shogir susunan Al-Manawiy, disebutkan bahwa dari Ibnu Abbas dengan riwayat Muslim, Rasulullah shollallohu ‘alayhi wa sallam bersabda :
أحِبُّوْا الْعَرَبَ لِثَلاَثٍ: لِأَنِّي عَرِبِيٌّ وَ الْقُرْآنُ عَرَبِيٌّ وَ كَلاَمُ أَهْلِ الْجَنَّةِ عَرَبِيٌّ
 “Aku mencintai Arab karena 3 hal : karena Aku (Nabi Muhammad shollallohu ‘alayhi wa sallam) orang Arab, Al-Quran berbahasa Arab dan percakapan ahli surga adalah bahasa Arab.”
Di 11 ayat dalam Al-Quranpun jelasss wahyunya bahwa Al-Quran itu diturunkan dalam bahasa Arab. Yakni dalam surat Yusuf : 2, Ar-Ra’du : 37, An-Nahl : 103, Thaha : 103, Asy-Syu’ara : 195, Az-Zumar : 28, Fushshilat : 3 & 44, Asy-Syura : 7, Az-Zukhruf : 3, Al-Ahqaf : 12 dan Surat Yusuf : 2. Nah, Kita yang katanya bercita2 jadi penghafal Al-Quran tentunya akan lebih mudah menghafal jika kita bisa bahasa Arab.
Sebenarnya, banyak sekali kepentingan yang membuat seseorang tergerak mempelajari bahasa Arab terlepas dari motif religi di atas. Ekonomi dan bisnis misalnya, mereka yang berkepentingan dengan konglomerat2 Arab bisa jadi melazimkan bahasa Arab sebagai third languagenya biar urusan lebih mulus dan of course nyenengin tu konglomerat. Politik, bahasa Arab adalah bahasa resmi PBB dan itu sejak tahun 1973! wiih kita belum lahir tuch… bahasa Arab ini juga menjadi bahasa Internasional yang sekitar 300 juta jiwa penduduk di - kira2 - 29 negara sebagai penuturnya dan belum termazuk kita2 ini yang orang2 Indonesia yang bisa berbahasa Arab walau cuma Assalamu’alaikum doank lol. Sejarah dan Kebudayaan, Sejarawan dan Budayawan dunia yang konsen pada sejarah dan peradaban Arab dan Islam tentunya juga mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa Literatur.
Mungkin ada ratusan atau ribuan orang di luar sana-umi nggak tau pasti karena nggak pernah ngitung-yang belajar bahasa Arab karena talenta dan profesi begitupun sebaliknya, bahasa Arablah yang membuat mereka mendapatkan profesi tersebut. Interpreter yang sejam gajinya 2 jeti, nongol di TV lagi, Penerjemah kenegaraan yang tahun 2011 gajinya dipatok 7 jeti, Duta Besar, Diplomat, Atase, Pegawai KBRI di luar negri yang nggak tahu deh berapa gajinya, Guru tanpa tanda jasa dan lain lain. Tidak menutup kemungkinan juga terdapat alasan simple seseorang mempelajari bahasa Arab, ya interested dengan hasil sastra2 Arabnya aja gitu. Yang bikin keki tu, untuk menyerang Islam! YA. jangan salah lho orang2 yang belajar bahasa Arab dengan niatan mencari celah kekurangan Islam juga standby. Makanya jangan mau kalah dari mereka ya!
Adalah antunna para pencari ‘ilmu yang sangat berpotensi meneruskan kuliah S2 atau sekedar jalan2 ke middle east waah udah bisa berbahasa Arab gampang tuh dapat beasiswanya, aamiin. Setau umi, seleksi yang terdiri dari ujian tulis dan interview itu biasanya pake bahasa Arab or Inggris. Terus, buat yang jalan2 aja, di LN antunna tinggal mempraktekkan bahasa Arab dari AK561 tanpa ragu, tanpa gagu… Terakhir dan always nih :-D siapa tau antunna dapat suami orang Arab kan nanti jadi gak kagok lagi abis ijab qobul langsung cap cis cus ces ngemeng Arab.  

Yuks study and speak Arab then success is in your hand! INSYA ALLOH

Rabu, 24 Februari 2016
 
~Persembahan buat para Mahasantriwati sholihah Ma'had 'Aly Al-Kautsar561 Tasikmalaya~

Rabu, 11 Februari 2015

Utsman bin 'Affan memiliki saldo di bank Saudi dan hotel di samping Masjid Nabawi

قصه حقيقية
Kisah Nyata
################
هل تعلم ان عثمان بن عفان يملك حساب في احدى البنوك في السعودية
Tahukah kamu bahwa Utsman bin ‘Affan memiliki rekening di salah satu bank di Arab Saudi
ماهي قصة فندق عثمان بن عفان رضي الله عنه الذي تم بناؤه بجوار المسجد النبوي?
Gimana sih cerita hotel Utsman bin ‘Affan yang selesai dibangun di samping Masjid Nabawi?
هل هناك ورثة لعثمان يبنون هذا الفندق باسمه?
Apakah ada pewaris Utsman bin ‘Affan membangun hotel ini atas namanya?
اقرأوا القصة لعلنا نتعلم !!
Bacalah cerita ini semoga kita dapat mengambil pelajaran !!

بعد الهجرة وزيادة اعداد المسلمين زاد الاحتياج الي الماء !!
Setelah Hijrah dan meningkatnya jumlah kaum Muslimin bertambahlah kebutuhan akan air !!
وكان بئر رومة من اكبر الابار وهو المورد الرئيسي للماء بالمدينة إلا أن هذه البئر يملكها يهودي مستغل بمعني الكلمة وهو يبيع الماء بيعاً ولو بالقطرة.
Sumur Ruumah adalah sumur terbesar, sumur ini merupakan pemasok utama air di kota, namun sumur ini milik seorang yahudi pemeras, yang menjual air walau dengan satu qothroh (masih saya ingat2 maknanya… zzzzz, mungkin pembaca ada yang tau?).
فلما علم عثمان رضي الله عنه بالقصة ذهب إلى اليهودي وأخبره أنه يريد أن يشتري منه البئر فرفض اليهودي فعرض عثمان ان يشتري نصف البئر فيكون يوماً له ويوماً لليهودي يبيع منه، فوافق علي اساس ان عثمان تاجر شاطر وسيرفع سعر الماء فيزداد مكسب اليهودي!
Ketika Utsman tau tentang hal ini ia bgegas pergi menemui si yahudi dan mengatakan kepadanya bahwa ia ingin membeli sumur tapi si yahudi menolak, tetapi ia menawari ‘Utsman untuk membeli setengah sumur maka jadilah sehari milik ‘Utsman dan sehari  berikutnya untuk si yahudi menjualnya, yahudi itu setuju dengan catatan bahwa ‘Utsman adalah sekutu dan akan menaikkan harga air, hingga bertambahlah keuntungan yahudi!
لكن حدث العكس فقد قل الطلب علي الماء حتي انعدم تماما فتعجب اليهودي وبحث عن السبب فاكتشف ان عثمان جعل يومه لوجه الله يأخذ فيه الناس حاجتهم دون مقابل
Namun yang terjadi adalah sebaliknya, kurangnya permintaan air sampai tidak ada sama sekali, terkejutlah si yahudi kemudian dia mencari sebabnya. Akhirnya ia menemukan bahwa ‘Utsman menjadikan jatah harinya untuk mencari ridlo Alloh di mana orang-orang mengambil air tanpa membayar
فأصبح الناس يشربون جميعاً في يوم عثمان ولا يذهبون للبئر في يوم اليهودي، فشعر  اليهودي بالخسارة وذهب إلى عثمان  رضي الله عنه وقال له أتشتري باقي البئر فوافق عثمان واشتراه مقابل ٢٠ ألف درهم وأوقفه لله تعالى يشرب منه المسلمون .
Jadilah semua orang minum di hari ‘Utsman dan tidak pergi ke sumur ketika hari orang yahudi, si yahudi merasa rugi dan ia pergi menemui ‘Utsman, bertanya kepadanya apakah kamu mau membeli sisa sumur ‘Utsman setuju dan ia membeli dengan harga 20 ribu dirham lalu ‘Utsman wakafkan di jalan Alloh, Kaum muslimin minum dari sumur tersebut.   

بعد فترة جاءه أحد الصحابة وعرض على عثمان بن عفان رضي الله عنه أن يشتري منه البئر بضعفي سعره فقال عثمان عرض علي أكثر، فقال أعطيك ثلاثة أضعاف فقال عثمان عرض علي أكثر حتى وصل إلى تسعة أضعاف فرفض عثمان فاستغرب الصحابي وقال لا يوجد مشتر غيري فمن هذا الذي أعطاك أكثر مني? فقال عثمان الله !! أعطاني الحسنة بعشرة أمثالها.
Setelah beberapa lama datanglah salah seorang sahabat Nabi muncul ke hadapan ‘Utsman untuk membeli sumur dengan harga dua kali lipat dari harga yang ‘Utsman beli dahulu, maka ‘Utsman berkata tawarlah lebih tinggi, sahabat tersebut bkata, aku berikan tiga kali lipat, kata ‘Utsman tawarlah lagi dgn lebih tinggi, sampai mencapai sembilan kali lipat dan ‘Utsman tetap menolak maka bingunglah Sahabat tadi ia berkata tidak ada pembeli selain aku maka siapakah yang dapat memberikanmu lebih banyak daripada aku? ‘Utsman berseru Alloh !! Allohlah yang memberikan kepadaku (jika aku berbuat) satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang semisal dengannya.

لقد أوقف عثمان البئر للمسلمين وبعد فترة من الزمن أصبحت النخيل تنمو حول هذه البئر، فاعتنت به الدولة العثمانية حتى كبر، وبعدها جاءت الدولة السعودية واعتنت به أيضا حتى وصل عدد النخيل ما يقارب ١٥٥٠ نخلة.
‘Utsman telah mewakafkan sumur untuk umat Islam dan setelah beberapa periode tumbuhlah pohon kurma di sekitar sumur, maka Kekaisaran Ottoman memeliharanya sampai tua dan setelah itu Kerajaan Saudi merawatnya juga sampai jumlah pohon kurma mencapai 1.550 pohon.
فأصبحت الدولة ممثلة في وزارة الزراعة تبيع التمر بالأسواق وما يأتي منه من إيراد يوزع نصفه على الأيتام والمساكين والنصف الأخر يوضع في في البنك في حساب باسم عثمان بن عفان تديره وزارة الأوقاف.
Maka Departemen Pertanian menjadi wakil negara yang menjual kurma di pasar2 dan apa saja yang berasal dari pendapatan itu didistribusikan setengahnya untuk anak-anak yatim dan orang-orang miskin dan setengah lainnya ditempatkan dalam rekening bank atas nama Utsman bin ‘Affan yang dijalankan oleh Kementerian Wakaf.

وهكذا زكا المال ونما حتي أصبح في البنك ما يكفي من أموال لشراء قطعة أرض في المنطقة المركزية المجاورة للحرم النبوي !! بعد ذلك تم الشروع ببناء عمارة فندقية كبيرة من هذا الإيراد أيضا.

Inilah zakat harta dan tumbuh sampai uang di bank cukup untuk membeli sebidang tanah di daerah pusat sekitar masjid Nabawi !! Setelah itu selesailah rencana proyek pembangunan sebuah hotel besar dari pendapatan ini juga.

البناء في مراحله النهائية الان وسوف يتم تأجيره لشركة فندقية من فئة الخمس نجوم ومن المتوقع أن تأتي بإيراد سنوي يقارب ٥٠ مليون ريال سعودي، نصفها للأيتام والمساكين ونصفها في حساب عثمان رضي الله عنه في البنك ، والجميل والعجيب ان الأرض مسجلة رسميا بالبلدية باسم عثمان بن عفان ، سبحان الله هذه تجارة مع الله بدأت واستمرت طوال 14 قرنا فكم يكون ثوابها?
Sekarang konstruksi gedung dalam tahap akhir dan akan disewakan ke perusahaan perhotelan bintang lima diharapkan pendapatan pertahun mendekati SR 50 juta, setengahnya untuk anak-anak yatim dan orang miskin dan setengahnya lagi akan dimasukkan ke rekening Utsman, dan yang menakjubkan bahwa tanah tersebut resmi terdaftar dengan nama Utsman bin Affan, maha suci Alloh ini adalah perdagangan dengan Allah,  dimulai dan terus berlanjut sepanjang abad ke-14, maka berapakah pahalanya?
لذلك قال الرسول عليه الصلاة والسلام " لكل نبي رفيق ورفيقي في الجنة عثمان "
Karena itu Rosululloh (sholawat dan salam untuknya) bersabda “setiap nabi memiliki pendamping dan pendampingku di surga adalah Utsman”
ابكتني قصة حساب بنكي لعثمان بن عفان رضي الله عنه جدا
Kisah rekening tabungan ‘Utsman rodliyallohu ‘anhu ini sangat membuatku menangis
يااارب اكتب الأجر لي ولكل من ارسل هذه المعلومة اضعافا اضعافا
Ya Alloh tulislah pahala untukku dan untuk siapa saja yang membagikan info ini dengan pahala yg berlipat ganda
لماذا يختار الميت "الصدقة" لو رجع للدنيا
Kenapa orang yang sudah mati memilih “sedekah” andaikata ia ditakdirkan hidup kembali di dunia
 كما قال تعالى: (رب لولا اخرتني الى اجل قريب فأصدق)ولم يقل :لاعتمر.. او لأصلي..أو لاصوم
Sebagaimana Alloh ta’ala berfirman : (Wahai Robbku andaikan saja Engkau akhirkan ajalku maka aku akan bersedekah dahulu) dan dia tidak berkata : agar aku umroh dulu.. atau aku sholat dulu.. atau aku berpuasa
قال اهل العلم: ما ذكر الميت الصدقة إلا لعظيم ما رأى من اثرها بعد موته..
‘Ulama berkata : Orang yang sudah meninggal tidak menyebut sedekah kecuali karena keagungannya yang dapat ia lihat setelah kematiannya..
فأكثروا من الصدقة فإن المؤمن يوم القيامة في ظل  صدقته..
Maka banyak2lah bersedekah karena pada hari kiamat seorang mukmin akan berada dalam naungan sedekahnya..
 وافضل صدقة تفعلها الان هي :نشر هذا الكلام بنية الصدقة  لان كل من يطبق هذا الكلام ويعلمه للاجيال القادمة  أجره  لك بإذن الله.. الله أكبر ولله الحمد
Dan sedekah yang paling utama yang dapat kamu kerjakan sekarang adalah : menyebarkan kata2 ini dengan niat sedekah karena siapa saja yang mempraktekkan kata2 ini dan mengajarkannya kepada generasi yang akan datang niscaya Alloh berikan pahalaNya kepadamu dengan izin Alloh.. Alloh Maha Besar dan hanya untukNyalah segala pujian  

نحن نقبل الزكاة و الانفاق والاوقاف والصدقات ليتم توزيعها على  الايتام والفقراء والمساكين 
فى تاسيك مالايا , جاوى الغربي , اندونيسيا
Translated by : 'Asyiqoh