Bila rasa tak lagi bisa ku peram . . Bila maksud tak lagi mampu ku peta . . Bila desakan tak lagi dapat ku jeda . .

Rabu, 11 Februari 2015

Utsman bin 'Affan memiliki saldo di bank Saudi dan hotel di samping Masjid Nabawi

قصه حقيقية
Kisah Nyata
################
هل تعلم ان عثمان بن عفان يملك حساب في احدى البنوك في السعودية
Tahukah kamu bahwa Utsman bin ‘Affan memiliki rekening di salah satu bank di Arab Saudi
ماهي قصة فندق عثمان بن عفان رضي الله عنه الذي تم بناؤه بجوار المسجد النبوي?
Gimana sih cerita hotel Utsman bin ‘Affan yang selesai dibangun di samping Masjid Nabawi?
هل هناك ورثة لعثمان يبنون هذا الفندق باسمه?
Apakah ada pewaris Utsman bin ‘Affan membangun hotel ini atas namanya?
اقرأوا القصة لعلنا نتعلم !!
Bacalah cerita ini semoga kita dapat mengambil pelajaran !!

بعد الهجرة وزيادة اعداد المسلمين زاد الاحتياج الي الماء !!
Setelah Hijrah dan meningkatnya jumlah kaum Muslimin bertambahlah kebutuhan akan air !!
وكان بئر رومة من اكبر الابار وهو المورد الرئيسي للماء بالمدينة إلا أن هذه البئر يملكها يهودي مستغل بمعني الكلمة وهو يبيع الماء بيعاً ولو بالقطرة.
Sumur Ruumah adalah sumur terbesar, sumur ini merupakan pemasok utama air di kota, namun sumur ini milik seorang yahudi pemeras, yang menjual air walau dengan satu qothroh (masih saya ingat2 maknanya… zzzzz, mungkin pembaca ada yang tau?).
فلما علم عثمان رضي الله عنه بالقصة ذهب إلى اليهودي وأخبره أنه يريد أن يشتري منه البئر فرفض اليهودي فعرض عثمان ان يشتري نصف البئر فيكون يوماً له ويوماً لليهودي يبيع منه، فوافق علي اساس ان عثمان تاجر شاطر وسيرفع سعر الماء فيزداد مكسب اليهودي!
Ketika Utsman tau tentang hal ini ia bgegas pergi menemui si yahudi dan mengatakan kepadanya bahwa ia ingin membeli sumur tapi si yahudi menolak, tetapi ia menawari ‘Utsman untuk membeli setengah sumur maka jadilah sehari milik ‘Utsman dan sehari  berikutnya untuk si yahudi menjualnya, yahudi itu setuju dengan catatan bahwa ‘Utsman adalah sekutu dan akan menaikkan harga air, hingga bertambahlah keuntungan yahudi!
لكن حدث العكس فقد قل الطلب علي الماء حتي انعدم تماما فتعجب اليهودي وبحث عن السبب فاكتشف ان عثمان جعل يومه لوجه الله يأخذ فيه الناس حاجتهم دون مقابل
Namun yang terjadi adalah sebaliknya, kurangnya permintaan air sampai tidak ada sama sekali, terkejutlah si yahudi kemudian dia mencari sebabnya. Akhirnya ia menemukan bahwa ‘Utsman menjadikan jatah harinya untuk mencari ridlo Alloh di mana orang-orang mengambil air tanpa membayar
فأصبح الناس يشربون جميعاً في يوم عثمان ولا يذهبون للبئر في يوم اليهودي، فشعر  اليهودي بالخسارة وذهب إلى عثمان  رضي الله عنه وقال له أتشتري باقي البئر فوافق عثمان واشتراه مقابل ٢٠ ألف درهم وأوقفه لله تعالى يشرب منه المسلمون .
Jadilah semua orang minum di hari ‘Utsman dan tidak pergi ke sumur ketika hari orang yahudi, si yahudi merasa rugi dan ia pergi menemui ‘Utsman, bertanya kepadanya apakah kamu mau membeli sisa sumur ‘Utsman setuju dan ia membeli dengan harga 20 ribu dirham lalu ‘Utsman wakafkan di jalan Alloh, Kaum muslimin minum dari sumur tersebut.   

بعد فترة جاءه أحد الصحابة وعرض على عثمان بن عفان رضي الله عنه أن يشتري منه البئر بضعفي سعره فقال عثمان عرض علي أكثر، فقال أعطيك ثلاثة أضعاف فقال عثمان عرض علي أكثر حتى وصل إلى تسعة أضعاف فرفض عثمان فاستغرب الصحابي وقال لا يوجد مشتر غيري فمن هذا الذي أعطاك أكثر مني? فقال عثمان الله !! أعطاني الحسنة بعشرة أمثالها.
Setelah beberapa lama datanglah salah seorang sahabat Nabi muncul ke hadapan ‘Utsman untuk membeli sumur dengan harga dua kali lipat dari harga yang ‘Utsman beli dahulu, maka ‘Utsman berkata tawarlah lebih tinggi, sahabat tersebut bkata, aku berikan tiga kali lipat, kata ‘Utsman tawarlah lagi dgn lebih tinggi, sampai mencapai sembilan kali lipat dan ‘Utsman tetap menolak maka bingunglah Sahabat tadi ia berkata tidak ada pembeli selain aku maka siapakah yang dapat memberikanmu lebih banyak daripada aku? ‘Utsman berseru Alloh !! Allohlah yang memberikan kepadaku (jika aku berbuat) satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang semisal dengannya.

لقد أوقف عثمان البئر للمسلمين وبعد فترة من الزمن أصبحت النخيل تنمو حول هذه البئر، فاعتنت به الدولة العثمانية حتى كبر، وبعدها جاءت الدولة السعودية واعتنت به أيضا حتى وصل عدد النخيل ما يقارب ١٥٥٠ نخلة.
‘Utsman telah mewakafkan sumur untuk umat Islam dan setelah beberapa periode tumbuhlah pohon kurma di sekitar sumur, maka Kekaisaran Ottoman memeliharanya sampai tua dan setelah itu Kerajaan Saudi merawatnya juga sampai jumlah pohon kurma mencapai 1.550 pohon.
فأصبحت الدولة ممثلة في وزارة الزراعة تبيع التمر بالأسواق وما يأتي منه من إيراد يوزع نصفه على الأيتام والمساكين والنصف الأخر يوضع في في البنك في حساب باسم عثمان بن عفان تديره وزارة الأوقاف.
Maka Departemen Pertanian menjadi wakil negara yang menjual kurma di pasar2 dan apa saja yang berasal dari pendapatan itu didistribusikan setengahnya untuk anak-anak yatim dan orang-orang miskin dan setengah lainnya ditempatkan dalam rekening bank atas nama Utsman bin ‘Affan yang dijalankan oleh Kementerian Wakaf.

وهكذا زكا المال ونما حتي أصبح في البنك ما يكفي من أموال لشراء قطعة أرض في المنطقة المركزية المجاورة للحرم النبوي !! بعد ذلك تم الشروع ببناء عمارة فندقية كبيرة من هذا الإيراد أيضا.

Inilah zakat harta dan tumbuh sampai uang di bank cukup untuk membeli sebidang tanah di daerah pusat sekitar masjid Nabawi !! Setelah itu selesailah rencana proyek pembangunan sebuah hotel besar dari pendapatan ini juga.

البناء في مراحله النهائية الان وسوف يتم تأجيره لشركة فندقية من فئة الخمس نجوم ومن المتوقع أن تأتي بإيراد سنوي يقارب ٥٠ مليون ريال سعودي، نصفها للأيتام والمساكين ونصفها في حساب عثمان رضي الله عنه في البنك ، والجميل والعجيب ان الأرض مسجلة رسميا بالبلدية باسم عثمان بن عفان ، سبحان الله هذه تجارة مع الله بدأت واستمرت طوال 14 قرنا فكم يكون ثوابها?
Sekarang konstruksi gedung dalam tahap akhir dan akan disewakan ke perusahaan perhotelan bintang lima diharapkan pendapatan pertahun mendekati SR 50 juta, setengahnya untuk anak-anak yatim dan orang miskin dan setengahnya lagi akan dimasukkan ke rekening Utsman, dan yang menakjubkan bahwa tanah tersebut resmi terdaftar dengan nama Utsman bin Affan, maha suci Alloh ini adalah perdagangan dengan Allah,  dimulai dan terus berlanjut sepanjang abad ke-14, maka berapakah pahalanya?
لذلك قال الرسول عليه الصلاة والسلام " لكل نبي رفيق ورفيقي في الجنة عثمان "
Karena itu Rosululloh (sholawat dan salam untuknya) bersabda “setiap nabi memiliki pendamping dan pendampingku di surga adalah Utsman”
ابكتني قصة حساب بنكي لعثمان بن عفان رضي الله عنه جدا
Kisah rekening tabungan ‘Utsman rodliyallohu ‘anhu ini sangat membuatku menangis
يااارب اكتب الأجر لي ولكل من ارسل هذه المعلومة اضعافا اضعافا
Ya Alloh tulislah pahala untukku dan untuk siapa saja yang membagikan info ini dengan pahala yg berlipat ganda
لماذا يختار الميت "الصدقة" لو رجع للدنيا
Kenapa orang yang sudah mati memilih “sedekah” andaikata ia ditakdirkan hidup kembali di dunia
 كما قال تعالى: (رب لولا اخرتني الى اجل قريب فأصدق)ولم يقل :لاعتمر.. او لأصلي..أو لاصوم
Sebagaimana Alloh ta’ala berfirman : (Wahai Robbku andaikan saja Engkau akhirkan ajalku maka aku akan bersedekah dahulu) dan dia tidak berkata : agar aku umroh dulu.. atau aku sholat dulu.. atau aku berpuasa
قال اهل العلم: ما ذكر الميت الصدقة إلا لعظيم ما رأى من اثرها بعد موته..
‘Ulama berkata : Orang yang sudah meninggal tidak menyebut sedekah kecuali karena keagungannya yang dapat ia lihat setelah kematiannya..
فأكثروا من الصدقة فإن المؤمن يوم القيامة في ظل  صدقته..
Maka banyak2lah bersedekah karena pada hari kiamat seorang mukmin akan berada dalam naungan sedekahnya..
 وافضل صدقة تفعلها الان هي :نشر هذا الكلام بنية الصدقة  لان كل من يطبق هذا الكلام ويعلمه للاجيال القادمة  أجره  لك بإذن الله.. الله أكبر ولله الحمد
Dan sedekah yang paling utama yang dapat kamu kerjakan sekarang adalah : menyebarkan kata2 ini dengan niat sedekah karena siapa saja yang mempraktekkan kata2 ini dan mengajarkannya kepada generasi yang akan datang niscaya Alloh berikan pahalaNya kepadamu dengan izin Alloh.. Alloh Maha Besar dan hanya untukNyalah segala pujian  

نحن نقبل الزكاة و الانفاق والاوقاف والصدقات ليتم توزيعها على  الايتام والفقراء والمساكين 
فى تاسيك مالايا , جاوى الغربي , اندونيسيا
Translated by : 'Asyiqoh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar